Sabtu, 19 Oktober 2013

Berusaha Selalu Melakukan Yang Terbaik



Walaupun kita tidak akan selalu mendapatkan balasan yang setimpal saat kita telah memberikan dan melakukan yang terbaik, ada satu hal yang pasti. Mereka yang senantiasa melakukan yang terbaik akan selalu memperoleh kepuasan hidup.
Inilah upah yang Tuhan berikan saat kita mencurahkan diri sebaik-baiknya, seolah-olah setiap hari kita sedang memahat karya emas untukNya.

BAGAIMANA AGAR KITA DAPAT SELALU MELAKUKAN YANG TERBAIK?

Berikut ini adalah tipsnya :

  1. Beriman atau yakinkan diri bahwa kita mampu melakukan yang terbaik. Pupuklah keyakinan setiap saat, setiap hari, tambahkan dengan pengharapan, iman & harapan membuat kita semakin bersungguh-sungguh dalam memperjuangkan segala sesuatu dalam hidup kita.
  2. Ketahuilah apa yang Anda inginkan. Mengetahui mimpi, cita-cita atau visi, membuat kita fokus dan memiliki tujuan.
  3. Bersikaplah proaktif dengan selalu introspeksi dan mau memperbaiki kekurangan diri.
  4. Ketahui, pelajari dan praktekanlah prinsip-prinsip keberhasilan dari orang lain. Melakukan hal ini bagaikan memegang peta di jalan yang tak kita kenal.
  5. Ketahuilah dari kedua sisi: kisah kesuksesan & kegagalan hidup dari orang-orang lain. karena pengalaman hidup orang-orang lain – baik yang hidup di masa lalu hingga sekarang – bagaikan harta terpendam bagi mereka yang serius untuk menggalinya.
  6. Mau belajar dari orang lain. Bersedia diajar, orang yang mau mengajar adalah orang yang rela memberikan dirinya bagi kebutuhan orang lain. Orang yang mau belajar, dipelihara oleh apa yang ia pelajari.
  7. Rancanglah masa depan. Bertanyalah kepada ahlinya bila mungkin.
  8. Ketahuilah karier yag paling tepat bagi Anda. Pilihlah  karier yang paling sesuai dengan potensi maksimal Anda
  9. Buatlah perencanaan karier agar karier Anda dapat meningkat. Ketahui kompentensi apa saja yang dibutuhkan agar karier Anda dapat bergerak maju.
  10. Berani bermimpi. Senantiasa berpengharapan, namun tetap realistis.
  11. Tentukan apa saja yang ingin Anda lakukan agar pekerjaan atau karier Anda tidak menjadi rutinitas. Setelah berhasil mencapai satu tujuan, berikan hadiah & apresiasi pada diri sendiri. Maka, Anda pun akan puas. Ketika orang-orang lain memberikan apresiasinya pada Anda, itu adalah bonus!
  12. Berinvestasilah pada diri sendiri. Misalnya dengan membiayai diri sendiri agar menguasai hal-hal yang belum kita kuasai. Dengan terus mengasah diri, kita menjadi manusia yang trampil dari waktu ke waktu. Inilah yang membentuk seseorang menjadi berkompeten.
  13. Terus belajar. Dunia yang terus berubah memaksa kita untuk terus belajar agar tidak ketinggalan zaman. Misalnya: datang ke seminar,ikut pelatihan atau training, dan membaca buku-buku.  Semua pelajaran ini harus sesuai dengan karier yang sedang kita tekuni, atau  cita-cita kita – kelak kita mau menjadi orang seperti apa.
  14. Memiliki guru, tapi juga menjadi guru. Ini adalah proses belajar mengajar yang mempercepat proses belajar Anda sendiri. Guru bisa jadi adalah siapa saja: orangtua, pasangan hidup, dosen, atasan, hingga sahabat & rekan kerja, bahkan para customer kita. Tapi, janganlah melulu hanya mau “mengambil” sesuatu dari orang lain, bagikan pula sesuatu dari Anda pada orang lain. Maka, julukan “pengambil yang egois” tak akan melekat pada diri kita.
  15. Bergabunglah dengan komunitas yang positif atau sesuai dengan karier dan profesi Anda.
  16. Selalu ada hal-hal yang diharapkan dari orang-orang yang berhubungan dengan kita. Seringkali harapan mereka tak tertulis dan tak terucapkan. Carilah tahu, dan berilah dengan benar & tepat sesuai dengan yang diminta.
  17. Carilah tahu apa yang diharapkan orang lain dari diri kita. Misalnya: harapan dari atasan kita di kantor, higga keinginan konsumen kita. Ketika kita mengetahui harapan mereka, hal ini memudahkan kita. Sebab usaha-usaha kita jadi lebih tepat arahnya! Berilah lebih dari yang diharapan.
  18. Hindarilah sikap one-man-show, yaitu tampil menonjol seorang diri.
  19. Kompetensi membuat kita dihormati, namun karakterlah yang membuat kita dipercaya. Dengan kepercayaan, kita memperoleh kesempatan. Dalam kesempatan ada benih keberhasilan. Akhirnya, konsistensilah yang memberntuk kesuksesan jangka panjang.
  20. Membangun karakter diri. Bersedialah membuang karakter yang buruk. Walau sulit, bangunlah karakter yang lebih baik, berusahalah berubah hari demi hari. Misalnya buanglah karakter negatif, seperti malas, tak dapat dipercaya & berintegritas. Kelima karakter positif inilah dasar bagi keberhasilan kita seumua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.